Sejumlah Musisi Jazz Terkenal Bakal Manggung di Maumere

0
413
Sejumlah Musisi Jazz Terkenal Bakal Manggung di Maumere
Glenn Fredly, salah satu musisi yang bakal tampil pada Suryanation Maumere Jazz Fiesta Flores 2018 di Maumere, Sabtu-Minggu (27-28/10) pekan depan
Maumere-SuaraSikka.com: Maumere Jazz Fiesta Flores (MJFF) kembali akan digelar tahun ini. Ini untuk ketiga kalinya, sejak digelar tahun 2016 lalu. Dipastikan sejumlah musisi jazz yang sudah terkenal di dunia internasional, bakal naik panggung selama dua hari, Sabtu-Minggu (27-28/10) di Maumere.
Acara ini digagas oleh Yayasan Bapa Bangsa (YBB) dan WartaJazz dan diorganisir oleh Jalamaya Production. YBB sendiri didirikan oleh Melchias Markus Mekeng, seorang politisi asal Kabupaten Sikka, yang kini adalah anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar.
Tajuk festival jazz dua hari itu diberi nama Suryanation Maumere Jazz Fiesta Flores 2018. YBB  dan WartaJazz menggandeng PT Gudang Garam Tbk sebagai sponsor utama, dengan melibatkan sponsor lain seperti Bank Mandiri, BNI, BTN dan BCA, serta Capa Resort Maumere Managed by Sahid.
Untuk tahun ini Sirkuit Grass Track Wairita masih menjadi pilihan lokasi yang favorit, seperti tahun lalu. Lokasi ini kurang lebih sekitar 12 kilometer sebelah timur Kota Maumere. Pemandangan sunset yang indah serta view laut dan pulau-pulau sekitarnya, menjadi daya tarik tersendiri ketika menikmati festival jazz sejak pukul 16.00 Wita.
Ketua Penyelenggara Suryanationn Maumere Jazz Fiesta Flores, Januarius G. Goleng menyebut nama sejumlah musisi jazz yang bakal tampil. Glenn Fredly, musisi berdarah Ambon, akan tampil dalam desain Glenn Fredly and the Bakucakar. Dia menyertakan musisi-musisi andal seperti Rayendra Sunito (drum), Bonar Abraham (basis), Andre Dinuth (gitar), Hary Anggoman (keyboard), Kenna Lango (hammond) dan Rifka Rahman (sequencer) dan saksofonis Nicky Manuputty.
Lalu ada lagi Reza Artamevia, si pemilik tarikan suara yang khas. Kali ini dia membawa serta band-nya sendiri. Selain itu ada juga biduanita Andien dan kelompok anak muda RAN. Tidak hanya itu. Di sektor musik yang menggali kekuatan tradisi akan hadir Gilang Ramadhan, Ivan Nestorman, Adi Darmawan dan Krisna Prameswara yang tergabung dalam Komodo Project. Dan hadir pula Papua Original yang mempresentasikan musisi dari timur Indonesia.
“Maumere Jazz Fiesta Flores merupakan kegitan tahunan, agar Maumere lebih dikenal bahkan sampai level internasional. Saya bersyukur kegiatan ini mampu meletakkan nama Maumere di percaturan Jazz Festival di Indonesia. Ini sekaligus memperkenalkan Maumere sebagai sebuah daerah dengan kekayaan alam yang indah,” ujar Melchias Markus Mekeng.
Januarius G. Goleng menyampaikan penyelenggaraan Festival Jazz ini akan memberi dampak positip bagi masyarakat Kabupaten Sikka. Kota Maumere akan lebih dikenal baik oleh wisatawan domestik maupun internasional. Secara otomatis akan memberikan kontribusi peningkatan pendapatan serta dampak positip bagi roda perekonomian Kota Maumere.
Rizky Dwianto selaku Brand Manager Surya mengatakan Suryanation sebagai salah satu bagian dari keluarga PT Gudang Garam sudah mendukung Maumere Jaszz Fiesta Flores sejak tahun lalu. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung perkembangan musik di tanah air khususnya, dan di Kota Maumere pada umumnya. Suryanation juga memberikan apresiasi kepada masyarakat dengan memberikan wujud kegiatan hiburan melalui Maumere Jaszz Fiesta Flores 2018.
Menyebut nama Maumere, tentu konotasi yang masih muncul di kebanyakan benak orang adalah Papua. Padahal Maumere, ibukota Kabupaten Sikka ini terletak di Pulau Flores Proivinsi NTT. Maumere memang sempat tenggelam menyusul tsunami pada tahun 1992. Tidak banyak lagi wisatawan yang berkunjung dan mengenal nama Maumere. Padahal taman laut dan terumbu karang di sekeliling Teluk Maumere merupakan salah satu spot diving yang terbaik di dunia.
Memperkenalkan kembali Maumere, merupakan salah satu tujuan dari kegiatan festival jazz di luar ruangan ini. Beragam alasan lain dikemukakan agar para wisatawan bersedia untuk datang dan menikmati keindahan budaya.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini