Ribuan Generasi Muda di Sikka Ramaikan Milennial Road Safety Festival

0
328
Ribuan Generasi Muda di Sikka Ramaikan Milennial Road Safety Festival
Wakil Bupati Sikka Romanus Woga melepas balon pada pembukaan kegiatan Milennial Road Safety Festival di Jalan Ahmad Yani Maumere, Sabtu (2/2)
Maumere-SuaraSikka.com: Jalur car free day (CFD) di Jalan Ahmad Yani Maumere, Sabtu (2/2), berubah semarak. Ribuan generasi muda yang didominasi pelajar, mahasiswa dan kaum remaja, menyatu dalam semangat yang sama. Mereka meramaikan Milennial Road Safety Festival sejak pukul 06.00 Wita, dengan mengenakan baju kaos berwarna putih.
Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam ini diinisiatifi Polres Sikka, sebagai bentuk pelaksanaan program kerja Korlantas Polri yakni Road Safety menuju Zero Accident. Program kerja ini merupakan kelanjutan Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan.
Milennial Road Safety Festival merupakan kegiatan puncak dari begitu banyak rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Kapolres Sikka AKBP Rickson PM Situmorang mengatakan sebelumnya pihaknya telah menggelar berbagai kegiatan seperti seminar, sosialisasi dan simulasi mengenai keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berlalulintas.
Pada puncak kegiatan yang berlangsung persis di depan Kantor Bupati Sikka, digelar juga sejumlah kegiatan seperti senam kolosal milenial, jalan sehat milenial, milenial entrepeneue expo, safety ridding and driving, dan deklarasi pelopor keselamatan berlalulintas. Semua peserta tampak bersemangat dan gembira mengikuti kegiatan-kegiatan ini.
Rickson Situmorang mengatakan road safety menuju zero accident merupakan upaya yang dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada kaum milenial dalam rangka berlalulintas yang baik. Kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan sebagai bentuk kepekaan dan tanggung jawab kepolisian menyelamatkan generasi milenial untuk menikmati kehidupan yang lebih baik.
Dalam konteks itu, dia menyinggung tingkat kecelakaan lalulintas yang menurun 14 persen di tahun 2018, jika dibandingkan dengan tahun 2017. Kondisi ini menunjukkan bahwa sudah mulai tumbuh kesadaran berlalulintas yang baik. Polres Sikka melalui Satlantas Sikka akan terus mendorong agar kaum milenial semakin bertanggungjawab dalam berlalulintas.
Wakil Bupati Sikka Romanus Woga yang hadir pada kesempatan itu, menyampaikan terima kasih atas kegiatan Milennial Road Safety Festival yang digagas oleh kepolisian. Dia berharap kegiatan ini bisa memberi manfaat kepada kaum milenial.
Kasatlantas Polres Sikka Iptu Leyfrids D. Mada menyebut tingkat kecelakaan lalulintas di Kabupaten Sikka pada tahun 2018 menurun signifikan. Jumlah pelanggaran lalulintas mengalami penurunan dari 2.872 kasus menjadi 2.589 kasus. Demikian pun pelanggaran pada kegiatan tilang menurun dari 1.727 kasus menjadi 1.358 kasus.
Jumlah korban akibat kecelakaan lalulintas juga menurun. Pada  tahun 2018 terdapat 24 orang meninggal akibat kecelakaan lalulintas, termasuk terdapat 7 orang luka berat, dan 94 orang luka ringan.
Dia berharap kaum milenial tidak saja selalu tertib berlalulintas, tetapi juga  menjadi pelopor berlalulintas. Untuk mendorong motivasi itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan tindakan pelanggaran terhadap kendaraan pengendara dan kendaraan bermotor.
Tindakan yang paling sering dilakukan Satlantas Polres Sikka yakni terhadap penggunaan knalpot racing yang meresahkan masyarakat. Dalam beberapa hari terakhir ini Satlantas Polres Sikka mengamankan sejumlah kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot racing. Kendaraan bermotor yang bersangkutan diamankan, dan pengendara diminta menggantikan knalpot racing dengan knalpot standar.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini