HUT Basarnas di Maumere, Putu Sudayana Dorong Percepat Respon Time

0
137
HUT Basarnas di Maumere, Putu Sudayana Dorong Percepat Respon Time
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo memotong tumpeng ulang tahun disaksikan Kepala Kantor Basarnas Maumere I Putu Sudayana, Kamis (28/2)
Maumere-SuaraSikka: Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere memperingati HUT-47, Kamis (28/2). Oleh Kepala Basarnas Maumere I Putu Sudayana, hari bersejarah ini diagendakan sebagai momentum perubahan. Salah satunya dia mendorong untuk mempercepat respon time dalam melaksanakan tugas di lapangan.
“Selaku pimpinan, baik untuk di Maumere maupun di Pospol Manggarai barat, Ende, dan Alor, momentum ulang tahun ini kita jadikan momentum perubahan kinerja kita. Khusus respon time, kalau awalnya 30 menit, ke depan kita akan jadikan 20-25 menit,” ujar Putu Sudayana kepada para wartawan.
Menurut prosedural, setelah mendapatkan laporan dari masyarakat tentang sebuah peristiwa yang membutuhkan bantuan Tim Basarnas, biasanya tim baru bergerak minimal 30 menit setelah laporan tersebut. Putu Sudayana mengharapkan respon time lebih lagi sehingga ada cukup waktu bagi tim untuk melayani permintaan bantuan dari masyarakat.
Selain mempercepat respon time, dia juga mendorong kesiapan personil dan peralatan. Dia mengingatkan agar personil harus tetap siap, kapan pun diperlukan. Demikian pun dengan peralatan. Di Maumere, katanya, setiap hari pihaknya selalu melakukan pengecekan kesiapan peralatan.
“Basarnas adalah perwakilan negara dalam hal penyelamatan manusia. Dengan respon yang cepat, personil dan peralatan yang siap, didukung SOP yang baik, tentu akan menghasilkan kegiatan dengan kualitas pelayanan yang prima kepada masyarakat,” tambah dia.
Sejauh ini, ujar Putu Sudayana, belum ada kendala-kendala berarti yang dihadapi Basarnas Maumere. Persoalan yang dirasakan di wilayah tugas Basarnas Maumere yakni masalah topografi, yang berdampak kepada tndakan awal untuk memberikan bantuan. Terhadap kondisi ini, pihaknya biasa berkoordinasi terlebih dahulu dengan instasi terkait.
Dia mencontohkan kasus longsoran di Kecamatan Mapitara, kurang lebih 60 kilometer dari Kota Maumere. Dengan jarak yang jauh, ditambah infrastruktur jalan yang tidak mendukung, pihaknya berkoordinasi dengan aparat desa, Polsek, dan Koramil, untuk terlebih dahulu memberikan tindakan awal.
Pada momentum HUT ke-47 ini, Basarnas Maumere melaksanakan berbagai kegiatan, seperti bakti sosial, donor darah, dan pertandingan futsal. Pihaknya akan melaksanakan program kerja lainnya seperti pelatihan potensi pencarian dan pertolongan kepada masyarakat, termasuk melaksanakan program SAR untuk anak-anak pelajar dan mahasiswa.
Peringatan HUT Basarnas ini dilaksanakan di Kantor Basarnas Maumere di Kelurahan Wolomarang Kecamatan Alok Barat, dalam sebuah upacara bendera. Hadir pada kesempatan itu antara lain Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong, Dandim Sikka Sugeng Prihatin, Kapolres Sikka AKBP Rickson Situmorang, Ketua Pengadilan Agama Awaludin, dan sejumlah pejabat lainnya.
Usai apel bendera dilakukan penyerahan hadiah dan piala kepada tim pemenang pertandingan futsal. Setelah itu Bupati Sikka memotong tumpeng ulang tahun dan menyerahkan kepada salah satu staf Basarnas Maumere, diikuti dengan tiup lilin yang dilakukan oleh Putu Sudayana.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini