Daftarkan Calon Penerima Beasiswa, Humas “Ambil Alih” Fungsi Kesra

0
88
Daftarkan Calon Penerima Beasiswa, Humas “Ambil Alih” Fungsi Kesra
Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka sedang melayani pendafaran calon penerima beasiswa, Senin (10/6
Maumere-SuaraSikka.com: Bupati Sikka menjanjikan 380 beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Pendaftarannya sudah dilakukan di Kantor Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka. Terkesan Bagian Humas dan Protokol telah “mengambilalih” fungsi dan tugas Bagian Kesra Setda Sikka.
“Overlapping” tugas dan fungsi dalam sebuah institusi, menggambarkan rapuhnya tata cara dan sistem pelayanan pemerintahan di daerah ini. Kondisi ini bisa menggambarkan dugaan adanya sesuatu yang tidak sehat pada pemerintahan ini. Padahal masa kepemimpinan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo dan Wakil Bupati Sikka Romanus Woga baru berusia 9 bulan.
Kepala Bagian Kesra Setda Sikka Mena da Silva belum sempat dikonfirmasi terkait pendaftaran beasiswa di Kantor bagian Humas dan Protokol. Media ini sudah sempat mendatangi Kantor Bagian Kesra di Jalan Ahmad Yani, namun yang bersangkutan sedang keluar.
Sementara itu Kepala Bagian Humas dan Protokol Even Edomeko yang sedang berada di Labuan Bajo, memberikan klarifikasi singkatnya, Senin (10/6), melalui WhatsApp.

Berita Terkait:


“Karena sejak awal yaki saat hanya 7, 9, 9, 10 orang yang datang minta tolong, kami yang ditugasi mengeksekusi disposisi Bupati. Ada yang kami langsung antar ke kampus. Maka saat diputuskan ada beasiswa yang diumumkan terbuka, Humas yang lkanjutkan agar tak ada yang tercecer, yaitu mereka yang sudah didaftar duluan,” tulis Even Edomeko.
Dia menambahkan, jika pelamar sudah genap sebanyak 380 orang, maka dia akan segera melaporkan kepada Bupati Sikka, dan slanjutnya Bupati Sikka akan mendisposisikan ke Bagian Kesra untuk urusan selanjutnya.
Beberapa calon mahasiswa termasuk orang tua calon mahasiswa yang mendaftar untuk mendapatkan beasiswa, mengaku sebelumnya mendatangi Kantor Bagian Kesra. Namun di kantor itu mereka menemukan jawaban bahwa belum dibuka pendaftaran untuk beasiswa. Melalui berbagai informasi, akhirnya diketahui pendaftaran dibuka di Kantor Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka.
Yosefina Mitan, warga Desa Baopaat Kecamatan Lela misalnya, mengaku pernah mendatangi Kantor Bagian Kesra untuk mendaftarkan anaknya. Ternyata di kantor ini belum ada penerimaan pendataran beasiswa. Beberapa hari kemudian, ibu ini nekad lagi ke Bagian Kesra. Dan jawaban yang diterima pun sama.
“Tadi saya ke sana lagi, lalu pegawai di situ bilang tidak ada pendaftaran. Loh, bagaimana ini? Lalu keluarga di kampung sempat telepon katanya di Humas. Terus anak saya tanya kepada teman-teman, jawabnya begitu, pendaftaran di Humas. Teman-temannya sudah daftar. Dan benar, datang ke sini manusia sudah banyak begini,” cerita Yosefa Mitan di Kantor Bagian Humas dan Setda Sikka, Senin (10/6).
Pendaftaran penerimaan beasiswa bagi mahasiswa hanya berlaku untuk tiga perguruan tinggi yaitu Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Cristo Re, Unipa Maumere, dan IKIP Muhamadiyah Maumere. Pemkab Sikka mengalokasikan beasiwa kepada 380 mahasiswa, terdiri dari 80 beasiswa untuk STT Cristo Re, 100 beasiswa untuk IKIP Muhamadiyah, dan 200 beasiswa untuk Unipa Maumere.
Pantauan media ini di Kantor Bagian Humas dan Protokol, Senin (10/6), ratusan calon mahasiswa ramai-ramai mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa. Hingga sekitar pukul 12.00 Wita, kuota untuk Unipa Maumere sudah mencapai target sebanyak 200 orang. Lalu ada 13 calon mahasiswa yang mendaftar untuk Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Cristo Re, dan 52 calon mahasiswa  yang mendaftar untuk IKIP Muhamadiyah Maumere.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini