Bawaslu Sikka Abaikan Laporan PKPI

0
70
Bawaslu Sikka Abaikan Laporan PKPI
Ketua PKPI Sikka Hildegardis Sunur
Maumere-SuaraSikka.com: PKPI Sikka telah melaporkan dugaan penggelembungan suara yang terjadi di Kecamatan Alok Timur. Kasus ini dilaporkan pada 13 Mei 2019 lalu. Namun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sikka tidak pernah menanggapi dan terkesan mengabaikannya.
Komisoner Bawaslu Sikka Azwan Abola yang dikonfirmasi terkait ini di gudang logistik KPU Sikka pekan lalu, mengaku belum pernah melihat laporan tersebut. Hanya kata dia, pernah staf menyampaikan kepadanya tentang laporan dengan objek perkara yang sama. Lalu dia menjawab jika objek yang sama, sementara sedang diproses.
“Dengan objek yang sama terhadap sebuah peristiwa yang mana diduga PPK (Alok Timur) melakukan penggelembungan suara, jadi tidak bisa diproses lagi,” jelas Azwan Abola.
Ketua PKPI Sikka Hildegardis Sunur mengaku kecewa dengan kinerja Bawaslu Sikka. Pasalnya laporan PKPI Sikka sama sekali tidak digubris dengan alasan yang tidak masuk akal. Dan yang menjengkelkan, setelah tidak ditindaklanjuti, Bawaslu Sikka tidak pernah memberitahu secara resmi kepada PKPI Sikka.
“Kami melapor dengan mengikuti prosedural. Kami registrasi, kami sertakan saksi dan bukti-bukti. Tapi didiamkan begitu saja. Kalau tidak ditindaklanjuti karena alasan objek perkara yang sama sedang diproses, yah mereka wajib menyampaikan resmi melalui surat. Ini kok tidak sama sekali,” kesal Hildegarids Sunur.
Yang menjadi aneh, Baswalu Sikka justeru mengakomodir laporan dari Panwascam Alok Timur. Dari sisi fungsi dan tugas, Panwascam Alok Timur merupakan bagian dari penyelenggara yang melaksanakan pengawasan terhadap jalannya penyelenggaraan pemilu di wilayah Alok Timur. Terkesan Bawaslu Sikka lebih mementingkan laporan Panwascam Alok Timur dari pad memroses laporan PKPI Sikka.
Padahal sebagai salah satu peserta Pemilian Umum (Pemilu) 2019, PKPI Sikka sangat berkepentingan melaporkan dugaan penggelembungan suara di Alok Timur. Pasalnya, kasus tersebut justeru dibongkar oleh saksi PKPI Sikka pada pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Sikka beberapa waktu lalu.
Semangat Bawaslu Sikka menindaklanjuti laporan Panwascam Alok Timur dan mengabaikan laporan PKPI Sikka diduga sebagai bentuk untuk melindungi Panwascam Alok Timur yang lengah melakukan tugas dan fungsi pengawasan. Terjadinya dugaan penggelembungan suara akibat dari lemahnya pengawasan Panwascam Alok Timur.
Kasus yang dilaporkan ini kemudian berhenti pada pembahasan tahap kedua yang melibatkan Sentra Gakumdu Sikka. Penghentian kasus ini menunjukkan Bawaslu Sikka tidak punya gigi berargumentasi di depan personil kepolisian dan kejaksaaan yang menjadi anggota Sentra Gakumdu.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini