Ulat Grayak Serang Tanaman Jagung

0
185
Ulat Grayak Serang Tanaman Jagung
Kristoforus Gaseng menunjukkan ulat grayak pada tanaman jagung, Selasa (12/1)

Maumere-SuaraSikka.com: Hama ulat grayak kini mulai menyerang tanaman jagung di Kabupaten Sikka. Petani bakal mengalami kerugian karena diperkirakan hasil panen memburuk.

Kristoforus Gaseng, petani Dusun Higetegera Desa Watumilok Kecamatan Kangae mengatakan hama ulat grayak sudah 1 bulan ini menyerang tanaman jagungnya.

“Kami di sini bilang ulat tentara. Sudah 1 bulan ini makan pucuk daun dan tunas,” ujar laki-laki berusia 68 tahun itu di tengah hamparan kebun jagung milik dia di Higetegera.

Awal-awalnya dia mengaku pasrah saja dengan kondisi ini. Setiap pagi dia mendatangi kebun jagung untuk mencari ulat grayak, lalu kemudian dimatikan.

Namun aktifitas mematikan ulat grayak ini membuat dia lelah sendiri, apalagi kebun jagungnya seluas hampir 1 hektare.

Kristoforus Gaseng akhirnya berinisiatif membeli obat-obatan untuk disemprot ke semua tanaman jagung.

“Anak saya sudah beli obat semprot, rencananya pagi tadi mau semprot, tapi tidak jadi. Nanti besok pagi saja,” jelas dia.

Ditemui di hamparan kebun jagungnya, Kristoforus Gaseng tampak sedang mencari-cari ulat grayak. Ada yang dia temukan sudah dalam keadaan mati, tapi ada juga yang masih hidup.

Jagung lokal seluas hampir 1 hektar ini ditanam sejak 23 Nopember 2020 lalu. Tingginya sudah mencapai 1 meter lebih, sudah kelihatan bakal buah.

Namun dengan serangan hama ulat grayak, Kristoforus Gaseng memastikan hasil panen musim ini bakal berkurang jauh. Kondisi ini, kata dia, sangat mempengaruhi tuntutan kebutuhan hidip, apalagi di tengah pandemi virus corona.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini