Amankan Tahbisan Uskup, 5 Ruas Jalan di Kota Maumere Akan Ditutup

0
447
Amankan Tahbisan Uskup, 5 Ruas Jalan di Kota Maumere Akan Ditutup
Kapolres Sikka AKBP Rickson PM Situmorang
Maumere-SuaraSikka.com: Uskup Maumere Edwaldus Martinus Sedu akan ditahbiskan pada Rabu (26/9) mendatang di Gelora Samador da Cunha Maumere. Untuk mengamankan kegiatan sakral ini, Polres Sikka akan menutup 5 ruas jalan yang berhubungan langsung dengan lokasi pentahbisan.
Kapolres Sikka AKBP Rickson PM Situmorang secara resmi telah mengeluarkan surat pemberitahuan penutupan jalan. Surat tersebut diterbitkan pada Rabu (19/9), dan ditujukan secara umum kepada para pemilik kendaraan bermotor. Tembusan surat itu disampaikan juga kepada Bupati Sikka, Ketua DPRD Sikka, Kajari Maumere, dan Kepala Dias Perhubungan Kabupaten Sikka.
Lima ruas jalan yang akan ditutup yakni Lingkar Luar Nangalimang sampai pertigaan Gelora Samador ditutup dan dialihkan ke jalur Lingkar Luar, pertigaan Dealer Raja Jaya Motor sampai Tugu MOF (Jalan Anggrek) ditutup dan dialihkan ke Jalan Magepanda-Maumere.
Seterusnya pertigaan Gelora Samador sampai perempatan Tugu Gendang ditutup dan dialihkan ke Jalan Raja Don Thomas dan Jalan Soekarno-Hatta, Lepo Bispu sampai Kantor PLN (Jalan Wairklau)  ditutup dan dialihkan ke Jalan El Tari, dan Jalan El Tari bawah (pertigaan Haji Kasim) ditutup dan dialihkan ke Jalan Magepanda-Maumere.
“Pada Rabu 26 September 2018, saat pentahbisan Uskup Maumere, ruas-ruas jalan itu akan ditutup, dan kendaraan bermotor dialihkan ke ruas jalan yang lain. Penutupan akan dilaksaakan sejak pukul 08.00 Wita sampai selesai,” jelas Rickson Situmorang.
Sebagai sosialisasi awal terhadap rekayasa lalulintas berupa penutupan dan pengalihan lima ruas jalan tersebut, Polres Sikka akan melaksanakan gladibersih selama dua hari yakni pada Sabtu (22/9) dan Minggu (23/9). Rencananya gladibersih akan dimulai pada pukul 14.00 Wita sampai selesai.

Berita Terkait:


Rickson Situmorang meminta maaf kepada seluruh pemilik kendaraan bermotor atas gladibersih dan rekayasa lalulintas yang akan dilaksanakan selama tiga hari. Dia mengatakan semua itu dilakukan demi menjaga keamanan terhadap kegiatan agung dan sakral bagi gereja dan umat Katolik, baik dalam lingkup Keuskupan Maumere maupun di luar Keuskupan Maumere.
Informasi yang dihimpun media ini, ribuan umat Katolik dari berbagai daerah dipastikan menghadiri acara pentahbisan Uskup Maumere pada Rabu (26/9). Menurut informasi, Duta Vatikan akan langsung menahbiskan Uskup Edwaldus Martinus Sedu.
Sebagaimana diketahui, Pemimpin Tahta Suci Vatikan Paus Fransiskus menunjuk Romo Edwaldus Martinus Sedu sebagai Uskup Maumere. Imam kelahiran Bajawa berusia 55 tahun itu menggantikan Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira yang sudah memasuki usia pensiun sejak 2 tahun lalu.
Pengumuman pengangkatan Uskup Maumere disampaikan pada Sabtu (14/7) pukul 12.00 siang waktu Italia, atau pukul 18.00 Wita. Usai pengumuman dari Vatikan, Uskup Emeritus Maumere Gerulfus Kherubim Pareira langsung mengumumkan ke publik di Istana Keuskupan Maumere atau Lepo Bispu di Jalan Wairklau Maumere.
“Dengan ini kami mengumumkan kabar gembira bahwa pada hari ini tepat pukul 12.00 waktu Roma Italia, atau pukul 18.00 Wita, Paus Fransiskus melalui siaran Radio Vatikan Roma menunjuk RD Edwaldus Martinus Sedu sebagai Uskup Maumere yang baru. Demikian kami umumkan kabar gembira ini, semoga Rahmat Allah Tri tunggal Maha Kudus Bapa Putera dan Roh Kudus menyertai kita semua,” demikian Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira menyampaikan pengumuman kepada publik.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini