Kado Untuk Mama, Juarai Lomba Menulis Cerpen

0
534
Kado Untuk Mama, Juarai Lomba Menulis Cerpen
Para juara lomba literasi pose bersama dewan juri, Selasa (25/9), di Aula Mardiwiyata Maumere
Maumere-SuaraSikka.com: Christine Ratu Azalia Kero, siswi Kelas XII MIPA C SMAK Frateran Maumere tampak gembira dan bangga. Cerpennya berjudul Kado Untuk Mama berhasil menjuarai Lomba Menulis Cerpen dalam rangka memperingati Hari Baca Nasional dan Lomba Literasi.
Perlombaan ini diikuti 50 peserta sekolah menengah tingkat atas, terdiri dari 45 pelajar SMAK Frater Maumere dan 5 pelajar SMA Maria Bunda Segala Bangsa (BSB) Maumere. Christine Raru Azalia Kero memperoleh poin tertinggi yakni 248. Dia unggul 5 angka dari pesaing terdekat Abdon Oktavianus Bhoko, siswa Kelas X MIPA A yang menulis cerpen berjudul Pohon Yang Memberi Kehidupan.
Tiga juri pada Lomba Menulis Cerpen yaitu Walburgus Abulat (Flores Pos), Eugenius Moa (Pos Kupang) dan Vicky da Gomez (SuaraSikka.com) sepakat mendapuk Kado Untuk Mama sebagai pemenang pertama. Cerpen ini memenuhi aspek-aspek penilaian seperti kelengkapan aspek formal, kelengkapan unsur intrinsik, keterpaduan unsur/struktur, dan kesesuaian penggunaan bahasa.
Kado Untuk Mama menceritakan tentang seorang mahasiswa baru bernama Cantika Lestari yang dalam kesibukan mengikuti masa orientasi, tetapi tetap mengingat hari spesial ibunya. Bergabung dalam kelompok seni di kampus itu, Cantika Lestari menunjukan minat bakatnya bermain-main dengan kanvas lukisan. Lukisannya mendapatkan apresiasi dari kawan-kawannya. Pada salah satu sudut lukisan, dia membubuhi tanda tangan dan menuliskan ucapan selamat ualng tahun untuk ibunya.
Christine Raru Azalia Kero membangun dialog yang sederhana pada cerpen yang ditulis tangan itu. Dialog-dialog yang sangat komunikatif, dan mencerminkan bahasa keseharian pelajar sekolah menengah atas yang baru saja tamat. Alur ceritanya sangat terstruktur, dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Lomba Menulis Cerpen ini dilaksanakan pada Sabtu (22/9), berlangsung di salah satu ruangan kelas SMAK Frateran Maumere. Peserta diberi durasi waktu selama 90 menit. Peserta tidak membawa referensi apapun, sehingga seluruh cerpen adalah murni karya orisinil.

Berita Terkait:


Selain Lomba Menulis Cerpen, Panitia Pelaksana juga melaksanakan lomba literasi lain seperti Lomba Pojok Baca Kelas, Lomba Reading Contest, dan Lomba Mading 3 Dimensi. Perlombaan ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, Jumat-Sabtu (21-22/9) dengan dewan juri yang sama.
Pemenang ketiga Lomba Menulis Cerpen adalah Maria Wihelmina siswi Kelas XI MIPA B dengan judul Tidak Semua Emas Dapat Berkilau, pemenang keempat Aura Haya Saputra siswi Kelas XI MIPA B dengan judul Taman Sekolahku, dan pemenang kelima Yohana Patrisia Dede Fao siswi Kelas XII MIPA C dengan judul Jangan Telantarkan Kami.
Lomba Pojok Baca Kelas dimenangkan oleh Kelas XI MIPA C, diikuti berturut-turut Kelas XII MIPA D, Kelas Kelas XI MIPA B, Kelas XII IPS B, dan Kelas XI MIPA A. Lomba Reading Contest dimenangkan Kelas XII MIPA D, disusul BSB Tim 2, Kelas XII IPS B, Kelas XII MIPA A, dan Kelas XII Bahasa. Sedangkan Lomba Mading 3 Dimensi dimenangkan Kelas XI MIPA B, Kelas XII MIPA B, Kelas XII MIPA D, Kelas XII IPS B, dan Kelas XI MIPA C.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini