Polisi Ciduk Pelaku Pembuang Bayi, Ternyata Ibu Kandung Sendiri

4
152
Polisi Ciduk Pelaku Pembuang Bayi, Ternyata Ibu Kandung Sendiri
RR, pelaku pembuang bayi di Sungai Enakter Kecamatan Waibalama Kabupaten Sikka digiring polisi ke Mapolres Sikka, Senin (25/3)
Maumere-SuaraSikka.com: Dalam waktu dua hari saja, aparat kepolisian berhasil menciduk RR, pelaku yang diduga membuang bayi perempuan di Sungai Enakter Desa Ilinmedo Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka Propinsi NTT. Hampir sesuai dengan dugaan banyak orang, pelakunya adalah ibu kandung sendiri.
Kapolres Sikka AKBP Rickson Situmorang yang dikonfirmasi di Maumere, Senin (25/3) siang tentang tertangkapnya RR, belum mau memberikan keterangan secara resmi. Dia beralasan menunggu hasil penyelidikan.
Informasi yang dihimpun media ini, operasi penangkapan RR dipimpin Kapospol Talibura Bripka Maleakhi atau yang biasa disapa Berger. RR berasal dari Dusun Tanakepi Desa Tanarawa diciduk dari kediamannya, Senin (25/3). Polisi nerhasil meringkus RR setelah mendapatkan banyak informasi yang mengarah kepada perempuan berusia 39 tahun itu.
Agar suasana tetap kondisf, awalnya polisi meminta bantuan beberapa bidan di Desa Tanarawa dan Desa Ilinmedo serta L9nmas setempat untuk melakukan pendekatan kepada RR. Namun perempuan ini masih belum mengaku. Setelah itu Berger bersama  Camat Waiblama Antonius Jabo Liwu melakukan pendekatan ulang. Dri pendekatan persuasive inilah RR akhirnya mengaku sebagai pelaku yang membuang bayi.
RR mengaku melahirkan bayi tersebut pada Rabu (20/3) lalu. Dia belum memberikan keterangan detail alasannya membuang darah daging sendiri. Setelah bayi itu lahir, RR kemudian menuju Sungai Enakter dan membuangnya.
Setelah memberikan pengakuan sebagai pelaku, ibu uda ini akhirnya digiring ke Mapolres Sikka. Dari beberapa foro yang diterima media ini, tampak RR mengenakan baju berwarna merah dan kain lipa. Beberapa anggota polisi, aparat pemerintah dan bidan tampak duduk santai bersama RR, diduga itu adalah rumah RR.
Ketika digiring keluar dari rumahnya, RR menutup kain lipa ke atas kepalanya. Dia membawa serta sebuah kresek berwarna biru. Belum diketahui isi dalam tas kresek tersebut. Berger memegang erat tangan RR dan menuntunnya menuju kendaraan yang kan membawa RR ke Mapolres Sikka di Jalan Ahmad Yani  Maumere, kurang lebih 50 kilometer jauhnya.
Diberitakan sebelumnya, warga Desa Ilinmedo Kecamatan Waiblama sempat heboh pada Sabtu (23/3), menyusul temuan bayi perempuan di Sungai Enakter. Bayi perempuan itu ditemukan oleh Januarius Nong yang hendak pulang memancing dari sungai itu. Bayi perempuan itu ditemukan sudah tidak bernyawa. Kepalanya tertelungkup ke bagian air sungai. Badan bayi itu sudah  membengkak dan aroma yang tidak sedap.*** (eny)

4 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini