Erty Pega ke Dukcapil, Jabatan Lowong Makin Banyak  

0
66
Erty Pega ke Dukcapil, Jabatan Lowong Makin Banyak
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sikka Martha Huberty Pega yang sedang menandatangani berita acara pekantikan, Selasa (13/8) di Gedung SCC
Maumere-SuaraSikka.com: Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong menggeser Martha Huberty Pega sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sikka. Namun jabatan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM dibiarkan kosong. Dengan demikian makin banyak jabatan eselon 2 yang lowong di daerah itu.
Pergeseran itu terjadi pada Selasa (13/8), melalui pemberhentian dan pengangkatan jabatan serta pelantikan yang berlangsung di Gedung Sikka Convention Center (SCC). Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sikka sebelumnya Bernadus Ratu, “dilempar” sebagai Staf Ahli Bupati Sikka Bidang Ekonomi.
Sebelumnya sudah ada 8 jabatan eselon 2 yang lowong, yaitu di Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO), Dinas Pariwisata, Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Dinas Pemerintahan Desa, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Perumahan Rakyat. Ditambah BKD-PSDM yang kini lowong, maka terdapat 9 jabatan eselon 1 yang lowong.
Dua jabatan yang lowong sudah berusia lebih dari 1 tahun, yakni di Dinas PKO dan Dinas Kelautan dan Perikanan. Ironinya, di Dinas PKO selama 11 bulan kepemimpinan Bupati Sikka Robby Idong, sudah tercatat 4 Pelaksana Tugas Kepala Dinas. Belum diketahui sampai kapan jabatan Kepala Dinas PKO dibiarkan lowong.
Dalam kesempatan melantik pejabat eselon 2 pada akhir Juli 2019 lalu, Robby Idong menyampaikan akan melelang jabatan yang lowong. Dia meminta pejabat eselon 3 untuk saling berkompetisi. Namun hingga sekarang belum tampak aktifitas proses lelang jabatan.
Pada peristiwa pelantikan kemarin, Bupati Sikka juga melantik 42 pejabat eselon 3. Ada pejabat yang dirotasi di dalam organisasi perangkat daerah (OPD), ada pejabat yang digeser antar OPD, ada juga beberapa pejabat yang dipromosikan.
Beberapa pejabat eselon 3 yang dua bulan lalu dilantik menempati jabatan baru, terlihat juga digeser. Seperti misalnya Oktovianus Suban Pulo yang baru dua bulan menjadi Kepala Bidang Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kemarin dipindahtugaskan menjadi Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan pada Bapelitbang Sikka.
Bupati Sikka juga menggeser 5 orang camat, yakni Camat Nita Yance Padeng menjadi Camat Lela, Camat Kangae Marthen Luther Adji menjadi Camat Alok Barat, Camat Bola Valerianus Samador menjadi Sekretaris Dinas Pertanian, dan Camat Waigete Mayella da Cunha menjadi Sekretaris Dinas PKO.
Camat Lela Rikardus Peterson dan Camat Alok Barat Kasianus memasuki masa purnatugas. Camat Nita yang baru dipercayakan kepada Stefanus Edison yang sebelumnya Sekretaris Camat Nita, Camat Bola diserahkan kepada Yohanes Satriawan, Camat Waigete dijabat Evensius Edomeko, dan Camat Kangae kepada Akulinus.
Robby Idong mengatakan akan melakukan evaluasi jabatan setiap 6 bulan sekali. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan komposisi yang tepat dalam mendukung visi misi terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat sebagaimana termuat dalam Perda RPJMD Sikka 2018-2023.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini