Dana Pendidikan Rp 7 Miliar Tersedia di APBD Perubahan

0
92
Dana Pendidikan Rp 7 Miliar Tersedia di APBD Perubahan
Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka menerima pendaftaran calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa
Maumere-SuaraSikka.com: Anggaran beasiswa kepada mahasiswa di Kabupaten Sikka, untuk tahun ini tidak dialokasikan. Masalahnya karena belum ada dasar hukum menyusul DPRD Sikka mengembalikan Ranperda Beasiswa dan Bantuan Dana Pendidikan untuk disempurnakan. Meski demikian Badan Anggaran DPRD mengalokasikan dana pendidikan sebesar Rp 7 miliar lebih melalui APBD Perubahan TA 2019.
Ketua DPRD Sikka Gorgonius Nago Bapa menjelaskan pada saat pembahasan anggaran perubahan, pemerintah mengusulkan juga alokasi dana pendidikan. Banggar DPRD kemudian mengakomodir usulan tersebut dengan menyetujui angka Rp 7 miliar lebih. Dana tersebut dititipkan pada pos Belanja Tidak Terduga, yang disiapkan untuk tahun anggaran 2020.
“Pemerintah usulkan dana pendidikan, nomenklaturnya ada di Bagian Kesra, dan Banggar setuju. Namun karena belum ada landasan hukum, maka dana itu Banggar titipkan di Belanja Tidak Terduga. Nanti kalau sudah ada dasar hukum, yah bisa dimanfaatkan,” ujar dia.
Dia menyarankan pemerintah untuk menyempurnakan kembali Ranperda Beasiswa dan Bantuan Dana Pendidikan yang dikembalikan DPRD Sikka. Setelah penyempurnaan, bisa diajukan kembali ke DPRD Sikka untuk dibahas bersama-sama hingga diteapkan menjadi peraturan daerah. Setelah ada perda yang menjadi landasan hukum, dana Rp 7 miliar lebih itu bisa dimanfaatkan.
Persoalan sekarang, APBD Perubahan 2019 belum ditetapkan karena Bupati Sikka secara sepihak membatalkan agenda penetapan yang dijadwalkan Sabtu (24/8). Jika sampai dengan batas waktu 30 Agustus 2019, APBD Perubahan belum ditetapkan, praktis pemerintah harus melaksanakan APBD Induk.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini