Kayu Tanpa Dokumen Ternyata Ditebang di Kawasan Hutan Produksi

0
74
Kayu Tanpa Dokumen Ternyata Ditebang di Kawasan Hutan Produksi
Sejumlah 1,6 kubik kayu tanpa dokumen diamankan di Polres Sikka, Sabtu (25/1)
Maumere-SuaraSikka.com: Penyidik Polres Sikka tengah menangani kepemilikan 1,6 kubik kayu mune tanpa dokumen. Ternyata kayu-kayu itu ditebang di kawasan hutan produksi Iligai RTK Nomor 60 pada Sabtu (25/1) sekitar pukul 14.00 Wita.
Penyelidikan kayu tanpa dokumen ini berangkat dari laporan Julius Bria, warga Waipare Desa Watumilok Kecamatan Kangae. Pelapor yang seorang PNS mengetahui terjadinya tindak pidana penebangan dan pengangkutan hasil hutan kayu dari dalam kawasan hutan produksi, tepatnya di Ilinlorat Dusun Hokor Desa Hokor Kecamatan Bola.
Terlapor pada kasus ini diketahui berinitial JY, warga Jalan Yos Sudarso Kelurahan Wairotang Kecamatan Alok Timur. Sedangkan yang menjadi korban adalah negara, dalam hal ini UPT KPH Wilayah Kabupaten Sikka.
Informasi yang dihimpun media ini, diketahui pelaku tanpa izin melakukan penebangan dari dalam kawasan hutan produksi Iligai. Setelah itu pelaku mengangkut kayu jenis mune sebanyak 97 batang atau sama dengan 1,6990 kubik dengan menggunakan mobil truk EB 8364 BJ dari wilayah Kecamatan Bola menuju Maumere.
Kayu mune yang diamankan terdiri dari 39 lembar papan berbagai ukuran dan 58 batang usuk berbagai ukuran. Kayu sebanyak itu akan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.
Pantauan media ini, Sabtu (25/1) malam, penyidik tengah memeriksa JY di ruangan Unit Tipiring. Selain JY, penyidik juga mengambil keterangan dari sopir truk yang bernama Densius Toli, dan tukang sensor bernama Fransiskus Moa. Dua orang ini diperiksa sebagai saksi guna pengembangan selanjutnya.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini