Gebrakan KJM, Inisiatifi Bikin Zona Selamat Sekolah

0
468
Gebrakan KJM, Inisiatifi Bikin Zona Selamat Sekolah
Zona Selamat Sekolah di Jalan Anggrek, persis di depan SMAS John Paul II, hasil kreatifitas Komunitas Jeep Maumere, Sabtu (20/10)
Maumere-SuaraSikka.com: Komunitas Jeep Maumere (KJM) menggebrak Kota Maumere, Sabtu (20/10). Mereka menginisiatif pembuatan Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Gebrakan awal dimulai di ruas Jalan Anggrek, persisnya di depan SMAS John Paul II.
ZoSS merupakan sebuah kawasan di sekitar sekolah yang perlu dikendalikan lalulintas kendaraan menyangkut kecepatan, parkiran, menyalib, pejalan kaki yang menyeberang. Pengendalian perlu dilakukan mengingat banyaknya anak sekolah yang menggunakan akses jalan itu keluar masuk.
Ini adalah program inovatif yang sudah diterapkan di banyak kota besar di Indonesia bahkan di dunia internasional, demi menjaga keselamatan anak sekolah dan pejalan kaki. Untuk di Maumere, pertama kali diperkenalkan oleh KJM. Dan SMAS John Paul II menjadi pilihan pertama KJM, yang dalam rencana akan membuat ZoSS pada sejumlah titik lainnya di dalam Kota Maumere.
Jefri Donald menjelaskan rencananya untuk kegiatan awal KJM akan membuat di Jalan Ahmad Yani. Ada beberapa sekolah yang letaknya persis di samping kiri kanan ruas jalan ini seperti SMAK Bhaktyarsa, SMP Virgo Fidelis, SDK Bhaktyarsa, SDN Contoh, SDN Nangalimang, SDI Beru, TK Panti Rini, SMPN Tampil, dan SMK Maumere. Praktis Jalan Ahmad Yani menjadi jalur yang setiap harinya ramai mobilitas kendaraan bermotor dan pejalan kaki.
Namun ruas jalan ini merupakan ruas jalan negara, sehingga harus koordinasi dengan pihak yang berwenang. Saat rencana eksekudi pada Sabtu (20/10), koordinasi belum final, sehingga KJM mengalihkan pembuatan Zoss di depan SMAS John Paul II.
Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka Kandidus Latan yang dihubungi terpisah menjelaskan KJM sudah berkoordinasi untuk pembuatan Zoss di Jalan Anggrek. Dinas Perhubungan memberikan apresiasi atas inisiatif KJM. Dia berharap ke depan, KJM juga membuat ZoSS pada titik lain. Saat ini dia juga sedang berkomunikasi untuk titik di Jalan Ahmad Yani.
Pembuatan Zoss di depan SMAS John Paul II dimulai sekitar pukul 16.00 Wita, di bawah koordinasi Ketua KJM Abi Parera dan Ketua Harian KJM Jefri Donald. Anggota KJM yang berjumlah belasan orang sudah bersiaga satu jam sebelumnya, lengkap dengan perlengkapan teknis kerja. Untuk pengamanan mobilitas kendaraan serta kelancaran pekerjaan, KJM memasang plang kegiatan di ruas jalan itu.
Menurut Jefri Donad, desain ZoSS dibuat sendiri oleh KJM, menyesuaikan desain ZoSS secara umum. Ruas jalan yang digunakan untuk ZoSS sepanjang 8 meter, dicat berwarna merah dengan bis putih. Di bagian tengah ditulis jelas Zona Selamat Sekolah. Seluruh biaya pengerjaan adalah murni dari KJM.
“Zona Selamat Sekolah ini pada intinya untuk melindungi anak sekolah dan pejalan kaki dari bahaya kecelakaan lalu lintas. Kendaraan yang berada dalam zona sekolah harus dengan kecepatan rendah, berhati-hati sehingga tidka menimbulkan kecelakaan lalulintas. Ini juga untuk memberikan pemahaman kepada anak sekolah dan pejalan kaki agar selalu berhati-hati,” terang Abi Parera.
Kreatifitas KJM ini menarik banyak orang. Warga masyarakat sekitar dan para pelintas jalan, ramai-ramai mendatangi lokais kegiatan untuk melihat kerja KJM. Guru-guru dan siswa SMAS John Paul II mengucapkan terma kasih kepada KJM atas kreatifitas dan gagasan dalam mnejaga keselamatan anak-anak sekolah.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini