Kuota Janji Beasiswa Menjadi 575 Mahasiswa

0
167
Kuota Janji Beasiswa Menjadi 575 Mahasiswa
Beberapa calon mahasiswa sedang mendaftar di Kantor Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka untuk mendapatkan beasiswa, Kamis (13/6)
Maumere-SuaraSikka.com: Beasiswa kepada mahasiswa yang dijanjikan Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong sesungguhnya bukan hanya untuk 380 mahasiswa. Jumlah penerima beasiswa ternyata sudah menjadi 575 mahasiswa.
Kepala Bagian Kesra Setda Sikka Dominikus Mena da Silva yang dihubungi di ruang kerjanya, Selasa (11/6), merincikan secara detail kuota beasiswa dan perguruan tinggi yakni Unipa Maumere 200 orang, STT Christo Re 100 orang, IKIP Muhammadiyah 100 orang, dan Universitas Tribuana Tunggadewi 100 orang.
Berikutnya Politeknik Pertanian di Bogor, Magelang dan Malang 5 orang, Sekolah Tinggi Transportasi Darat 3 orang, STIA GIA Makasar 60 orang, Undana Kupang 2 orang, dan LKP Prisma Profesional Surabaya 5 orang.
Dia mengatakan pemerintah setempat telah melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi melalui penandatanganan nota kesepakatan atau MoU. Beberapa perguruan tinggi lainnya sedang dalam proses kerja sama.
Hingga sekarang Bagian Kesra Setda Sikka selaku instansi teknis yang melaksanakan program bantuan beasiswa, belum melakukan eksekusi terhadap calon penerima bantuan. Bagian Kesra baru saja selesai menggodok Rancangan Peraturan Bupati (Ranperbup) Sikka tentang Bantuan Biaya Pendidikan dan Beasiswa bagi Mahasiswa. Ranperbup Sikka itu sendiri masih dalam proses untuk mendapatkan persetujuan penetapan menjadi Peraturan Bupati Sikka.

Berita Terkait:


Meski demikian proses pendaftaran calon penerima beasiswa, sementara ini sedang dilakukan oleh Bagian Humas dan Protokol Setda Sikka. Pendaftaran khusus untuk tiga perguruan tinggi di Kabupaten Sikka yakni Unipa Maumere, STT Christo Re, dan IKIP Muhammadiyah.
Sampai dengan Rabu (12/6), tercacat sudah 445 calon mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa. Jedison, staf Bagian Humas dan Protokol yang menerima pendaftaran merincikan 72 calon mahasiswa mendaftar ke STT Christo Re, 111 calon mahasiswa mendaftar ke IKIP Muhammadiyah, dan 263 calon mahasiswa mendaftar ke Unipa Maumere.
Menurut Jedison, untuk Unipa Maumere sudah melebihi kuota, sehingga terdata 63 calon mahasiswa yang masuk dalam daftar tunggu. Penjelasan ini seakan menggambarkan bahwa calon penerima beasiswa tergantung kepada siapa yang lebih dulu mendaftar, dan dilakukan tanpa seleksi.
Padahal menurut Kabag Kesra, lazimnya akan dilakukan verifikasi terhadap para calon penerima bantuan. Dalamn Ranperbup Sikka tentang Bantuan Biaya Pendidikan dan Beasiswa bagi Mahasiswa, di situ jelas-jelas disebutkan Tim Verifikasi yang nantinya akan bertugas untuk memverifikasi administrasi calon penerima bantuan beassiwa.
Pantauan media ini, sampai dengan Kamis (13/6), puluhan calon mahasiswa mendatangi Kantor Bagian Humas dan Setda Sikka di Jalan Ahmad Yani untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa. Belum diketahui proses penerimaan ini berlangsung sampai kapan, karena hampir tiap hari selalu ada calon mahasiswa yang mendaftarkan diri.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini