Banyak Surat Suara Cacat, dari Robek hingga Ternoda Tinta

    0
    221
    Banyak Surat Suara Cacat, dari Robek hingga Ternoda Tinta
    Kondisi surat suara yang ditemukan sudah robek di bagian pinggir saat sortir di Kantor KPU Sikka, Sabtu (16/3)
    Maumere-SuaraSikka.com: Proses sortir dan lipat suara hari pertama di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka, Sabtu (16/3), menemukan sejumlah surat suara yang tergolong cacat. Banyak surat suara yang sudah dalam keadaan robek di bagian pinggir. Ada lagi surat suara yang ternoda oleh biasan tinta cetak.
    Seperti disaksikan media ini di lokasi sortir dan lipat suara, beberapa relawan yang bertugas sortir dan lipat suara memperlihatkan kondisi surat suara yang cacat. Mereka pun melaporkan hal ini kepada komisoner. Surat suara yang cacat tidak dilipat, tapi disisikan pada tempat yang aman.
    Ketua KPU Sikka Feri Soge mengaku telah menerima laporan tentang surat suara yang cacat. Dia belum mengetahui berapa jumlah suarat suara yang ditemukan cacat pada hari itu karena  masih dalam proses sortir.

    Berita Terkait:


    “Sekarang masih berproses, saya belum tahu berapa banyak yang cacat. Nanti kami lihat kembali dan hitung semuanya,” ujar Feri Soge di sela-sela memantau kegiatan sortir dan lipat surat suara.
    Media ini sempat melihat ada surat suara yang robek persis di lipatan bagian tengah. Seroang relawan perempuan yang menemukan kasus ini langsung berkoordinasi dengan staf KPU Sikka yang bertugas memantau. Surat suara tersebut langsung diamankan.
    Ketua KPU Sikka Feri Soge sedng memberikan keterangan terkait temuan surat suara cacat. Sabtu (16/3)
    Sementara itu cukup banyak surat suara yang ternoda oleh tinta cetak. Tinta cetak membias, bahkan ada yang hingga menutup nama calon legislatif. Diperkirakan perusahaan percetakan surat suara kurang hati-hati dalam melakukan proses cetak.
    Hari pertama kegiatan sortir dan lipat suara, sebanyak 120 relawan terlibat. Surat suara yang disortir dan dilipat adalah surat suara Pemilu DPR RI sebanyak 201.780 lembar dari 202 koli. Setiap relawan bertugas sortir 1 koli yang berisi 1.000 lembar surat suara. Jika selesai koli pertama, bisa melanjutkan ke koli yang berikutnya.*** (eny)

    TINGGALKAN BALASAN

    Silahkan ketik komentar anda
    Silahkan ketik nama anda di sini