Bupati Sikka Batalkan Penetapan APBD Perubahan

    0
    107
    Bupati Sikka Batalkan Penetapan APBD Perubahan
    Ruang paripurna DPRD Sikka tampak lengang karena sidang penetapan Perda APBD 2019 tidak jadi dilaksanakan, Sabtu (24/8)
    Maumere-SuaraSikka.com: Penetapan Perda APBD Perubahan TA 2019 dijadwalkan Sabtu (24/8) pukul 10.00 Wita. Namun sidang paripurna tersebut tidak bisa dilaksanakan. Masalahnya karena Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo membatalkan agenda penetapan sampai waktu yang tidak ditentukan.
    Sebelumnya DPRD Sikka mengagendakan paripurna penetapan Perda APBD Perubahan pada Jumat (23/8) pagi. Namun karena masih ada sinkronisasi anggaran, DPRD Sikka kemudian bersurat kepada pemerintah untuk menunda pada Jumat (23/8) malam.
    Sinkronisasi anggaran antara Badan Anggaran DPRD Sikka bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) berlangsung sampai Jumat (23/8) petang. Pemerintah melalui TAPD kemudian mengusulkan sidang ditunda Sabtu (24/8), karena pemerintah masih melakukan input hasil sinkronisasi anggaran.
    Ternyata paripurna yang digelar bertepatan dengan hari terakhir masa bakti DPRD Sikka Periode 2014-2019 itu pun tidak jadi dilaksanakan. Sekretaris DPRD Sikka Chrispinus Angelo yang dihubungi di ruang kerjanya mengaku mendapat telepon dari Asisten III Setda Sikka Robertus Ray yang meneruskan informasi dari Bupati Sikka bahwa rapat paripurna dengan agenda Penetapan Perda APBD Perubahan 2019 ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
    “Tadi malam Asisten III telepon saya, menyampaikan pesan dari Bupati bahwa sidang ditunda. Tidak disampaikan apa alasannya. Hanya menyevut dutunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Jadi hari ini tidak ada rapat paripurna,” jelas Chrispinus Angelo yang baru satu bulan menjadi Sekretaris DPRD Sikka.
    Ketua DPRD Sikka Gorgonius Nago Bapa yang dihubungi pagi tadi menjelaskan paripurna tidak jadi dilaksanakan karena dibatalkan Bupati Sikka. Dia sendiri sudah berada di Kantor DPRD pukul 09.25 Wita. Setelah itu dia mendapat informasi dari Sekretaris DPRD bahwa sidang ditunda oleh Bupati Sikka.
    “Sekwan sampaikan pesan Asisten III yang melanjutkan pesan Bupati Sikka bahwa sidang ditunda. Saya tanya tunda sampai kapan, Sekwan bilang Asisten III hanya melanjutkan informasi dari Bupati,” tulis Gorgonus Nago Bapa.
    Bupati Sikka Batalkan Penetapan APBD Perubahan
    Sejumlah anggota DPRD Sikka diskusi lepas menyusul tidak dilaksanakan penetapan APBD Perubahan
    Pantauan media ini, sebelum jam 10.00 Wita terlihat sejumlah anggota DPRD Sikka mendatangi Kantor DPRD Sikka. Mereka mengenakan pakaian safari resmi sebagaimana biasanya saat sidang paripurna. Sampai di kantor itu baru mereka mengetahui jika paripurna tidak dilaksanakan atas perintah Bupati Sikka.
    Beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang hendak mengikuti sidang pun terpaksa kembali. Ketika tiba di pintu masuk gerbang Kantor DPRD Sikka, anggoa Polisi Pamong Praja yang bertugas di pintu masuk meneruskan pesan dari Sekretaris Daerah agar pimpinan OPD langsung menuju Kantor Bupati Sikka.
    Hingga sekarang belum diketahui apa alasan Bupati Sikka membatalkan sidang paripurna dengan agenda yang terbilang penting ini. Dugaan sementara yakni  Ranperda Beasiswa yang dikembalikan DPRD Sikka untuk disempurnakan, yang berkaibat kepada anggaran beasiswa tidak termuat dalam Perda APBD Perubahan.
    Padahal Bupati Sikka sudah menyampaikan informasi publik saat pidato pada HUT ke-74 Kemerekaan RI bahwa akan menganggarkan Rp 20 miliar per tahun untuk beasiswa, sehingga selama 5 tahun berjumlah Rp 100 miliar. Dengan tidak masuknya alokasi anggaran beasiswa pada Perda APBD Perubahan, maka apa yang disampaikan Bupati Sikka bisa berdampak kepada ketidakpercayaan publik.
    Sementara itu ruang paripurna tampak kosong lengang. Beberapa staf di Sekretariat DPRD yang mengetahu tidak ada sidang paripurna, kemudian menata ruangan tersebut untuk persiapan gladibersih pelantikan anggota DPRD Sikka Periode 2019-20124.*** (eny)

    TINGGALKAN BALASAN

    Silahkan ketik komentar anda
    Silahkan ketik nama anda di sini