Puting Beliung Sikat Rumah Tadeus Kasiang

    0
    64
    Puting Beliung Sikat Rumah Tadeus Kasiang
    Kondisi rumah korban bencana angin puting beliung di Dusun Bolowolon, Kamis (7/11)
    Maumere-SuaraSikka.com: Bencana angin puting beliung menjadi momok baru yang menakutkan di Kabupaten Sikka. Pada Kamis (7/11) sekitar pukul 10.00 Wita, angin puting beliung menyikat rumah Tadeus Kasiang yang terletak di RT/RW 013/016 Dusun Bolawolon Desa Tanaduen Kecamatan Kangae.
    Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. Empat orang penghuni rumah, berhasil menyelamatkan diri, termasuk satu orang balita, yang diketahui merupakan cucu Tadeus Kasiang. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.
    Tadeus Kasiang yang ditemui di lokasi kejadian, menjelaskan angin puting beliung datang dari arah selatan rumahnya. Di bagian selatan ini tidak ada pemukiman, kecuali hamparan tanah kosong yang sedang kering dan tandus. Kondisi ini membuat angin puting beliung dengan mudah merangsek rumah Tadeus Kasiang.
    Ketika melihat angin puting beliung menuju rumahnya, Tadeus Kasiang berupaya menantang untuk melawan. Hal ini dia lakukan sebagaimana kepercayaan lisan. Namun justeru angin puting beliung semakin menggila, dan membuat dia sendiri ketakutan.
    Angin puting  beliung akhirnya mengangkat atap seng rumah Tadeus Kasiang. Puluhan seng bertebaran ke sejumlah titik. Ada yang terlempar kurang lebih 20 meter jauhnya dari rumah Tadeus Kasiang.
    Tidak hanya atap seng, puting beliung juga menerbangkan sebuah kuali yang berisi nasi. Yuliwati Rosa Jaro, anak mantu Tadeus Kasiang saat itu tengah menanak nasi untuk sarapan pagi. Nasi yang sudah matang itu tidak sempat dimakan karena kuali yang berisi nasi diterbangkan angin puting beliung.
    Aparat kepolisian dari Polsek Kewapante dan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, siang tadi berada di lokasi untuk mendata kerusakan yang terjadi akibat bencana puting beliung. Petugas BPBD Sikka berjanji akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dalam rangka menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa terpal dan tenda.*** (eny)

    TINGGALKAN BALASAN

    Silahkan ketik komentar anda
    Silahkan ketik nama anda di sini