Ribuan Surat Suara DPR RI Dinyatakan Rusak

    0
    82
    Ribuan Surat Suara DPR RI Dinyatakan Rusak
    Ribuan surat suara DPR RI yang dinyatakan rusak, kini disimpan di gudang logistik KPU Sikka, Senin (18/3)
    Maumere-SuaraSikka.com: Kegiatan sortir dan lipat surat suara di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka Propinsi NTT memasuki hari ketiga, Senin (18/3). Dua hari pertama dan setengah hari ketiga dilakukan sortir surat suara DPR RI. Relawan menemukan ribuan surat suara yang dinyatakan rusak.
    Surat suara yang rusak itu kini sudah diamankan di gudang logistik KPU Sikka di Jalan Eltari Dalam Kelurahan Kota Uneng Kecamatan Alok. KPU Sikka akan merekapitulasi seluruh surat suara yang rusak, kemudian melaporkan ke KPU RI di Jakarta.

    Berita Terkait:


    Ketua KPU Sikka Feri Soge, yang dihubungi di sela-sela memantau kegiatan sortir dan lipat surat suara, Senin (18/3), membenarkan temuan ribuan surat suara DPR RI yang dinyatakan rusak. Surat suara yang rusak, kata dia, sebagian besar akibat dari merembesnya tinta cetak pada kertas surat suara.
    “Ada beberapa yang robek di bagian pinggir lembaran surat suara. Tapi yang paling banyak itu karena rembesan dari tinta cetak. Nanti kondisi ini kami laporkan ke KPU di Jakarta,” ujar Feri Soge.
    Feri Soge mengatakan pihaknya sudah merekap jumlah surat suara DPR RI yang disortir pada hari pertama Sabtu (16/3) dan hari kedua Minggu (17/3). Sementara untuk hari ketiga Senin (18/3) masih sedang dilakukan perhitungan. Dia beralasan sortir surat suara DPR RI pada hari ketiga baru saja selesai sekitar jam 11.00 Wita siang tadi.
    Ribuan Surat Suara DPR RI Dinyatakan Rusak
    Relawan sedng memperhatikan dengan cermat surat suara sebelum dilakukan proses pelipatan
    Pada hari pertama Sabtu (16/3), relawan berhasil sortir dan lipat 77.181 lembar surat suara DPR RI. Dari hasil ini ditemukan surat suara yang baik sebanyak 74.612 lembar, dan surat suara yang rusak sebanyak 2.579 lembar. Sementara pada hari kedua Minggu (17/3), surat suara yang disortir sebanyak 90.040, di mana surat suara yang baik sebanyak 86.052 lembar dan surat suara yang rusak sebanyak 3.988 lembar.
    Dengan demikian untuk dua hari pertama, surat suara DPR RI yang sudah disortir sebanyak 167.221 lembar, dengan rincian surat suara yang baik sebanyak 160.664 lembar dan surat suara yang rusak sebanyak 6.567 lembar. KPU Sikka menerima surat suara DPR RI sebanyak 201.780 lembar. Itu artinya surat suara yang disortir pada hari ketiga sebanyak 34.559 lembar, yang hingga ini belum diketahui berapa banyak surat yang baik dan yang rusak.
    Pantauan media ini, banyak sekali surat suara yang terkena rembesan tinta cetak, baik pada bagian yang berisi daftar nama calon, nomor urut partai politik, dan logo partai politik, maupun bagian yang menerangkan jenis surat suara dan tanda tangan Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Rembesan tinta cetak ini dikuatirkan bisa mengundang debatabel yang menggangu kelancaran penyelenggaraan.*** (eny)

    TINGGALKAN BALASAN

    Silahkan ketik komentar anda
    Silahkan ketik nama anda di sini