Bayi Kembar Safa dan Marwah Turut Nikmati Manfaat JKN-KIS

0
283
Bayi Kembar Safa dan Marwah Turut Nikmati Manfaat JKN-KIS
Bayi Kembar Safa dan Marwah

Maumere-SuaraSikka.com: Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) merupakan salah satu program pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakatnya. Manfaat program ini juga dinikmati Safa dan Marwah, dua bayi kembar berjenis kelamin perempuan.

Laeli Dimiyanti, 29 tahun, ibu dari dua bayi cantik itu, masih tampak lemah setelah menjalani operasi cesar untuk kelahiran sang buah hati. Namun dia tidak hentinya tersenyum dikarenakan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah proses melahirkan lancar. Saya dan putri kembar saya sehat semuanya. Saya melahirkan dengan menggunakan kartu JKN-KIS jadi tidak perlu bayar rumah sakit. Padahal yang saya tahu biaya melahirkan sangat mahal,” ujarnya sumringah di akhir September 2019 lalu.

Sejak mengetahui dirinya hamil, Laeli Dimiyanti langsung menggunakan kartu JKN-KIS untuk mulai memeriksa kandungan ke puskesmas, atau bidan polindes di dekat rumahnya. Dia cukup menunjukkan kartu JKN-KIS dan sudah bisa mendapatkan pelayanan.

Pada saat usia kandungannya empat bulan Laeli telah mengetahui bahwa anak kedua yang sementara dikandungnya merupakan bayi kembar. Sehingga dengan sigap dia telah mempersiapkan segala keperluannya dengan baik termasuk soal pengetahuannya memanfaatkan kartu KIS sebagai penjaminan biaya persalinannya.

“Saya merasa beruntung menjadi peserta JKN-KIS. Yang penting saya tetap bayar iuran setiap bulan, kartu saya aktif, pasti dilayani. Bahkan saya juga ajak serta keluarga saya yang belum mendaftar untuk segera mendaftar,” kata ibu yang telah memiliki 3 orang putri ini.

Dia dan suaminya terdaftar sebagai peserta mandiri. Keduanya menjadi peserta dan mendapatkan hak untuk dilayani dengan baik, termasuk wajib membayar iuran setiap bulannya.

Perempuan ini pun menanggapi informasi tentang penyesuaian iuran BPJS Kesehatan. Dia menjawabnya diplomatis dan penuh keyakinan.

“Walaupun saya dengar berita yang mengatakan iuran akan dinaikan, rasanya masih bisa kita bayarkan. Manfaatnya sangat sebanding dengan apa yang kita keluarkan. Toh kita beli pulsa saja tidak berat, apalagi ini untuk menjamin biaya kesehatan kita,” ujarnya.

Wanita yang akrab dipanggil Eli ini mengajak masyarakat untuk mendaftar ke BPJS Kesehatan.

“Kita daftar bukan berarti kita berharap sakit dan dilayani. Kita daftar untuk jaga-jaga apabila kita sakit dan mau berobat, atau bahkan bisa seperti saya yang menggunakan untuk melahirkan. Mana bisa saya khusus menabung untuk bayar biaya yang keluar sekaligus besar. Ya seperti menabung suatu saat akan kita pakai, kalau kita tidak pakai juga artinya kita bantu orang lain. Selain membantu itu juga sangat baik, bisa menambah pahala dan amal buat kita,” ujar dia.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini