Rekor Corona di Beru, Lengkap Tiga Klaster

0
24
Rekor Corona di Beru, Lengkap Tiga Klaster
Warga Kelurahan Beru dari Klaster Magetan dievakuasi ke ruang isolasi RSUD TC Hillers Maumere, (17/5) malam

Maumere-SuaraSikka.com: Kelurahan Beru Kecamatan Alok Timur untuk sementara memegang rekor corona di Kabupaten Sikka. Tiga klaster yang terpapar virus, lengkap hadir di kelurahan ini.

Tiga klaster itu adalah Lambelu, Gowa, dan Magetan. Klaster Lambelu merupakan eks penumpang KM Lambelu yang tiba di Maumere pada 7 April 2020.

Klaster Gowa merupakan peserta Ijtima Ulama di Gowa. Dan Klaster Magetan yakni penghuni Pondok Pesantren Al Fatah Magetan.

Dari sisi jumlah, sampel swab warga Kelurahan Beru yang dikirim ke Laboratorium WZ Yohanes di Kupang, sebanyak 5 sampel, yakni 2 dari Klaster Lambelu, 2 dari Klaster Gowa dan 1 dari Klaster Magetan.

Mengikuti rilis Satgas Covid Sikka dalam 4 hari terakhir, Beru mencatat 3 warga positip corona, masing-masing 1 orang dari 3 klaster. Tiga yang positip corona itu terdiri dari 2 laki-laki dari Klaster Lambelu dan Gowa, dan 1 perempuan dari Klaster Magetan.

Kini 5 warga Beru itu sudah dipindahkan dari lokasi karantina di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Gedung SCC, ke ruang isolasi RSUD TC Hillers Maumere.

Fakta di Beru ini berbeda dengan desa atau kelurahan lain di Kabupaten Sikka, yang warganya juga terpapar virus corona.

Ada desa atau kelurahan yang hanya 1 klaster atau 2 klaster. Yang 2 klaster misalnya Desa Nangahale, dari Klaster Lambelu dan Gowa. Lebih banyak desa atau kelurahan yang hanya mencatat 1 klaster saja.

Sebagaimana diketahui, Satgas Covid Sikka mengirim 71 sampel swab ke Kupang, terdiri dari 47 sampel Klaster Lambelu, 21 sampel Klaster Gowa, 2 sampel Klaster Magetan, dan 1 sampel nahkoda Meratus Bontang.

Dari 71 sampel swab tersebut, dipastikan 26 sampel yang positip corona, yakni 21 Klaster Lambelu, 3 Klaster Gowa, dan 2 Klaster Magetan.

Paskah pengumuman 26 warga Sikka yang terpapar corona, Satgas Covid setempat langsung melakukan penelusuran rekam jejak untuk mencari tahu orang-orang yang pernah berkontak erat dengan 26 orang tersebut.*** (eny)

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan ketik komentar anda
Silahkan ketik nama anda di sini