Gerindra Sikka Terlempar dari Kursi Pimpinan Dewan

    0
    119
    Gerindra Sikka Terlempar dari Kursi Pimpinan Dewan
    Suasana pemungutan suara beberapa waktu lalu
    Maumere-SuaraSikka.com: Partai Gerindra di Kabupaten Sikka melempem jauh. Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 menunjukkan perolehan suara partai ini turun drastis, bahkan harus terlempar dari kursi Pimpinan Dewan.
    Pada Pemilu 2009 Gerindra menghentak dengan 3 kursi di DPRD Sikka. Prestasi politik partai ini pun kian mengudara setelah berhasil mengantar Ketua Fraksi Partai Gerindra Paolus Nong Susar sebagai Wakil Bupati Sikka Periode 2013-2018, berpasangan dengan Yoseph Ansar Rera.
    Partai politik besutan Marcelinus Litong ini kian melejit pada Pemilu 2014. Gerindra keluar sebagai pemenang kedua dengan torehan 5 kursi, sama dengan 5 kursi yang diraih Partai Golkar. Praktis Gerindra mendapat jatah kursi pertama Wakil Ketua DPRD Sikka, menyingkirkan PDIP yang hanya mendapat kursi kedua Wakil Ketua DPRD Sikka.
    Ternyata pada Pemilu 2019, Gerindra Sikka tidak mampu berbuat banyak. Prestasi partai ini kian melorot, hanya mampu merebut 3 kursi. Situasi politik nasional sepertinya ikut berkontribusi atas “runtuhnya” Gerindra di Kabupaten Sikka.
    Tiga kursi Gerindra Sikka diperoleh masing-masing 1 kursi dari Dapil Sikka 1 yang meliputi Kecamatan Alok, Alok Barat, Alok Tmur, dan PaluE, 1 kursi dari Dapil Sikka 3 yang meliputi Kecamatan Talibura, Waiblama, Waigete, Mapitara, Doreng, dan Bola, dan 1 kursi dari Dapil Sikka 4 yang meliputi Kecamatan Nita, Magepanda, Paga, Mego, dan Tanawawo.
    Di Dapil Sikka 1 Gerindra mengumpulkan 3.834 suara, berada di posisi kelima di bawah Partai Golkar, PDIP, PKB, dan Partai Nasdem. Fabianus Toa, petarung petahana memperoleh suara tertinggi dari 10 calon partai yakni sejumlah 836 suara. Ini adalah suara terendah kedua dari 10 calon terpilih pada dapil ini.
    Fransiskus Stephanus Say, mantan Wakil Ketua DPRD Sikka kembali menempati Gedung DPRD Sikka. Partai Gerindra terdepak di posisi ketujuh dari alokasi 10 kursi di Dapil Sikka 3. Dengan total perolehan suara partai dan calon sejumlah 3.321 suara, Gerindra malah kalah bersaing dengan pendatang baru Partai Perindo yang berada di posisi keempat dengan torehan 4.423 suara.
    Dominasi Gerindra di Dapil Sikka 4 pada Pemilu 2014 akhirnya goyah. Lima tahun lalu Partai Gerindra menyumbangkan 2 kursi dari dapil ini. Kali ini, Gerindra dengan raihan 4.367 suara hanya mendapatkan 1 kursi, dan menempatkan petahana Sufriyance Merison Botu, selaku peraih suara tertinggi.
    Selain 1 kursi yang hilang di Dapil Sikka 4, Partai Gerindra juga kehilangan kursi di Dapil Sikka 2. Partai Gerindra hanya mampu meraih 2.195 suara, berada di posisi kesembilan dari alokasi 7 kursi di dapil itu. Gerindra malah tersungkur di bawah Partai Demokrat di posisi kedelapan dengan perolehan 2.326 suara.*** (eny)

    TINGGALKAN BALASAN

    Silahkan ketik komentar anda
    Silahkan ketik nama anda di sini