KPU Sikka Pastikan 2 TPS di Kojagete Tidak Bermasalah

    0
    150
    KPU Sikka Pastikan 2 TPS di Kojagete Tidak Bermasalah
    Ketua KPU Sikka Feri Soge

    Maumere-SuaraSikka.com: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka Feri Soge memastikan dua tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Kojagete Kecamatan Alok Timur tidak bermasalah. Pemungutan suara dilaksanakan secara normal.

    Kepastian tentang kondisi normalnya pemungutan suara di Kojagete baru diketahui KPU Sikka setelah mendapat informasi dari Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) Alok Timur yang baru kembali dari Desa Kojagete.

    ”Ketua PPK Alok Timur baru kembali dari Kojagete. Dan informasinya tidak ada masalah di sana,” jelas Feri Soge kepada media ini, Rabu (17/4) malam.


    Berita Terkait:


    Sebelumnya Feri Soge sempat menginformasikan terjadi persoalan di TPS Kojagete 3 dan Kojagete 4. Namun dia sendiri belum bisa memastikan masalah yang sebenarnya karena kendala jaringan komunikasi. Desa Kojagete terletak di wilayah kepulauan, dan selama ini sulit dijangkau oleh arus komunikasi.

    Dengan tidak adanya persoalan di dua TPS di Kojagete, KPU Sikka tengah dihadapi persoalan pada 5 TPS lain yakni TPS  Nangahale 1, Nangahale 2, Nangahale 3 di Desa Nangahale Kecamatan Talibura, serta TPS Lewomada 3 dan Lewomada 4 di Desa Nangahale Kecamatan Talibura.

    Pada 5 TPS ini terjadi persoalan suarat suara untuk Pemilu DPR RI, di mana 3 TPS di Nangahale mengalami kekurangan surat suara, sementara 2 TPS di Lewomada, juga terkendala kekurangan surat suara Pemilu DPR RI, masing-masing 39 lembar.

    Dia mengatakan pihaknya masih menunggu rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sikka untuk menindaklanjuti masalah di 5 TPS. Jika terjadi pemilihan ulang atau pemilihan susulan, maka yang dilaksanakan hanyalah untuk Pemilu DPR RI.

    Sementara itu hingga kini Bawaslu Sikka belum mengeluarkan rekomendasi kepada KPU Sikka. Ketua Bawaslu Sikka Harun Alrasyid menjelaskan pihaknya masih mengiventarisir data-data di lapangan. Apalagi Bawaslu Sikka sendiri belum mengetahui secara persis persoalan yang terjadi di 5 TPS.*** (eny)

    TINGGALKAN BALASAN

    Silahkan ketik komentar anda
    Silahkan ketik nama anda di sini